Dosen UNW Mataram sedang mengikuti sosialisasi LMS di Aula UNW Darul Mujahidin UNW Mataram

Bidikntb.com-Guna memperkuat sistem pembelajaran berbasis online, Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram melangsungkan pelatihan dan sosialisasi pemanfaatan LMS kepada seluruh civitas akadmika UNW Mataram. Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari yakni pada 4-6 Maret 2021 di Aula Darul Mujahidin UNW Mataram.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh rektor UNW Mataram, Dr. H. L. Abdul Muhyi Abidin, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa  ide kegiatan tidak lepas dari pengaruh pandemi Covid-19 yang belum berakhir di Indonesia.  Situasi ini mengakibatkan perpanjangan masa belajar dari rumah. Disamping itu, penggunaan LMS di Universitas Nahdlatul Wathan Mataram juga dilakukan dalam rangka pengimplimentasian kampus merdeka. Diharpakan kepada semua dosen agar menggunakan LMS sebagai media dalam mentrasfer ilmu pengetahuan seutuhnya kepada mahasiswa.

Abdul Muhyi melanjutkan, pelatihanLMS  ini dapat digunakan nantinya pada program perkuliahan, maupun program-program pelatihan yang nantinya akan diselenggarakan dibawah UNW Mataram.

“Usai pelatihan diharapkan nantinya komunikasi pembelajaran, interaksi, pengayaan materi akan jauh lebih banyak lagi dikuasai oleh dosen serta mampu mengajak interaksi mahasiswanya berselancar di dalam dunia big data,” tambahnya.

Rektor UNW Mataram. Dr. H.L Abdul Muhyi Abidin menyatakan Rektor UNW Mataram juga menambahkan bahwa, pihaknya akan terus melakukan peningkatan kualitas baik dari sisi pelayanan mapun sarana prasarana demi terciptanya kualitas SDM yang berkualitas.

Pada pelatihan ini, para dosen diperkenalkan dengan Learning Management System (LMS) sendiri yang dimiliki oleh UNW Mataram untuk mengimplemtasikan pembelajaran berbasis online. Adapun materi tersebut disampaikan oleh dosen tim IT Universitas UNW Mataram dan Kabag Akademik Desi Suryati, ME.

“Jadi nantinya diharapkan dosen bisa secara khusus menyiapkan pembelajaran dari mulai perkuliahan, soal, jawaban, diskusi, chating, dan sebagainya. Secara khusus dosen juga menyiapkan penguasaan teknologi dalam spesifik misalnya perekaman, penguasaan software untuk perekaman, editing, dan sebagainya,” ungkap Desi Suryati.

Dengan penggunaan LMS  ini diyakini dapat mengatasi keterbatasan perkuliahan di kelas dan menyediakan layanan belajar online yang dapat diakses kapan saja dan darimana saja.

Penyerahan secara simbolis kartu LMS dari rektor ke seluruh dekan

Usai pembukaan para dekan dibagikan kartu LMS oleh Rektor UNW Mataram untuk dibagikan kepada semua dosen masing-masing fakultas. (HR)

 

Leave a Reply

avatar
200
  Subscribe  
Notify of