Oleh: Hj. Lale Yaqutunnafis, S.Sos., M.M. (Pimpinan Pusat PGNW dan Dekan FKIP UNW Mataram)

Bangkit, bergerak, dan terus maju itulah mungkin semangat yang harus tetap kita gelorakan dalam hidup kita baik di tengah bermasyarakat dan berbangsa. Momentum Hari Kebangkitan Nasional  (Harkitnas) tahun 2022 merupakan hari kebangkitan kita Bersama setelah berapa tahun kita diterpa oleh wabah Covid-19. Tentu kita berharap besar setelah pandemi ini  semua sektor harus bangkit bergerak memberikan pengabdian terbaiknya untuk kemajuan bangasa dan negara.

Kita tidak usah lagi memperdebatkan apa yang bangsa ini berikan kepada kita,  namun kita harus bertanya kepada diri kita masing-masing apa yang pernah kita berikan untuk kemajuan bangsa ini. Sangat tepat jika peringatan Harkitnas ke-114 mengambil tema “Ayo Bangkit Bersama”. Hal ini mengisayaratkan bahwa tidak ada lagi ego kultural yang melekat pada diri kita masing-masing namun yang harus ada yakni saling bahu membahu untuk memajukan bangsa Indonesia yang kita cintai ini.

Semangat gotong royong senantiasa terus dinyalakan di tengah-tengah masyarakat agar kebangkitan Bersama membangun bangsa bergerak dengan cepat. Dalam hal ini, salah satu Badan Otonom yang dimiliki oleh Ormas Islam Nahdlatul Wathan yakni Persatuan Guru Nahdlatul Wathan (PGNW) merasa terpanggil untuk bergerak bersama membangun Indonesia melalui peningkatan mutu pendidikan. Pergerakan PGNW yang masuk ke sekolah pelosok untuk memberi semangat dan bimbingan kepada para guru agar bergerak dengan cara memberikan pendidikan yang berkualitas untuk kemajuan bangsa salah satu contoh dari pergerakan nurani.

Gerakan PGNW Membangun Kulaitas Guru

Tentu tidak ingin berpangku tangan atau acuh tak acuh terhadap dialektika yang diahadapi oleh lembaga pendidikan terlebih di pelosok desa yang jauh dari akses dan fasilitas yang memadai. Persatuan Guru Nahdlatul Wathan merasa terpanggil untuk memberikan kontribusi nyata dengan menggerakkan guru-guru dan sekolah-sekolah untuk meningkatkan kualitas diri. Disadari atau tidak, salah satu penentu majunya dunia pendidikan terletak dari kualitas seorang guru yang patut digugu dan ditiru. Tentu tidak mudah namun dengan niat yang kuat satu persatu sudah mulai terwujud.

Gerakan PGNW adalah Gerakan sosial yang dilandasari atas kesadaran pemenuhan hak bersama agar tidak terjadi ketimpangan antara sekolah yang sudah maju dan tertinggal. Semangat bersama yang dilandasai Iman dan Taqwa menjadi salah satu nutrisi perjuangan bagi pengurus PGNW. Tantangan dan rintangan menjadi hal biasa namun mampu memberikan peluang untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Berbagai pelatihan atau workshop peningkatan kualitas guru dan peserta didik yang dilakukan oleh PGNW menjadi salah satu bagian pengabdian untuk ikut andil dalam memajukan bangsa khususnya dalam bidang pendidikan.

PGNW Kerja Kolaboratif Membangun Bangsa

Kerja kolaboratif dalam membangun bangsa adalah salah satu prinsip yang dipegang teguh oleh PGNW. Setiap program yang direncanakan dimulai dari niat bersama dan membangun jaringan yang kuat dengan berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta. Dengan prinsip bersama inilah kerja semakin mudah tujuan semakin cepat diraih. Abat ke-21 tanda manusia maju apabila mampu membangun kolaborasi untuk kemajuan bersama. Sehingga tidak mengherankan jika PGNW terus berupaya memperkuat Kerjasama dengan instansi terkait untuk menuntaskan permasalahan pendidikan.

Semangat kolaborasi telah memberikan dampak yang besar terhadap kemajuan bangsa Indonesia untuk menjadi negara yang tumbuh, unggul dan maju. Walaupun pesatnya kemajuan teknologi yang terkadang tidak jarang menjadi jurang pemisah namun justru sebaliknya banyak muncul perusahan-perusahan yang berkolaboratif sehingga memberi efek terhadap kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, sebagai contoh Gojek, Tokopedia dan lain sebagainya. Muncul banyak peluang yang bisa dihasilkan dari kolaborasi sehingga dengan demikian akan mempercepat kemajuan bangsa Indonesia.

Sebagai penutup dari tulisan ini, mari dengan semangat Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022, kita wujudkan Indonesia yang kuat, Tangguh, unggul dan maju. Semua harus bergandengan tangan memberikan yang terbaik untuk kemajuan ummat, tidak lagi mementingkan ego struktural dan kultural.

Leave a Reply

avatar
200
  Subscribe  
Notify of