Lombok Timur, (Bidikntb.com)-Prodi Sosiologi Universitas Mataram kembali menggelar lomba olimpiade sosiologi Se NTB yang berlangsung di gedung Fisipol Unram pada Sabtu 5 Nopember 2022.
Dalam lomba kali ini, dilakukan dengan seleksi essai, dan poster sehingga terpilih lebih dari duapuluhan sekolah terbaik yang akan memasuki babak pinal berupa presentasi essai yang dinyatakan lolos baru dilanjutkan dengan sesi terakhir yakni olimpiade sosiologi dan hasilnya tim siswa MAN 1 Lotim berhasil meraih 3 jenis juara prestasi yakni juara The Best Presentation, The Best Poster danJuara 3 Olimpiade, ungkap Hj Siti Surodiana selaku pembina Study Club Sosiologi MAN 1 Lotim.

Lanjut Surodiana, pada lomba olimpiade ini MAN 1 Lotim menurunkan 3 tim pada babak penyisihan namun yang melaju pinal terdiri dari 2 tim. Kedua tim yang terpilih selanjutnya mengikuti presentasi essai dan poster. Dalam presentasi 2 tim kami dapat memberikan penampilan terbaik yakni mampu menyakinkan dewan juri dengan mengangkat judul essai “Tingkat Penghasilan Irang Tua Terhadap Motivasi Siswa MAN 1 Litim Dalam Memperoleh Pendidikan Berkualitas” yang ditulis oleh Nisa Isma Rahayu xi IPA 2 dan Andini Awwalin kelas XII IPA.2 yang sukses meraih juara The Best Presentation. Kemudian pada lomba Poster, 2 siswa MAN 1 Lotim yang terdiri dari Dewi Intan XII IPS2 dan Fadila Safarina XI IPA 1 berhasil merebut juara The Best Poster. Sedangjan prestasi ketiga adalah juara 3 olimpiade sosiologi yang diraih siswa atas nama Andini Awwalin XII IPS.2 dan Nisa Isma Rahayu XI PA 2 dan kepada para juara berhasil membawa pulang hadiah berupa bingkisan, sertifikat, piala dan uang pembinaan sebesar 1 juta rupiah, ungkap Surodiana.

Atas torehan prestasi membanggakan ini, kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya. Bahwa pembinaan ektra yang selama ini komit dilaksanakan di MAN 1 Lotim telah menuai hasil terbaik berupa prestasi demi prestasi yang terus mengalir seakan tiada henti. Dan sebagai bentuk komitmen sekolah pada pembinaan prestasi, kami berikan reward kepada siswa melalui program “Tebus Prestasi” berupa pihak madrasah menebus sertifikat piala prestasi dengan reward uang tunai. Ini bentuk keberpihakan madrasah pada ikhtiar para guru dan siswa dalam merebut prestasi.

Apresiasi atas torehan prestasi siswa MAN 1 Lotim juga datang dari Kakanmenag Lotim yakni Drs H Sirojuddin, MM yang mengatakan bahwa prestasi akan hadir secara konsisten manakala didukung dengan pembinaan yang terprogram. Harus ada program pembinaan dan pengembangan minat bakat siswa yang total didukung pihak madrasah terutama pimpinannya. Makanya saya salut dengan prestasi MAN 1 Lotim yang sudah optimal dan sungguh_sungguh dalam mengawal pembinaan prestasi. Dan program pembinaan serta pola pengembangan yang telah dilakukan di MAN 1 Lotim layak untuk diadopsi madrasah lainnya dalam ikhtiar mewujudkan madrasah mandiri berprestasi, tegas Sirojuddin (nwt)

Leave a Reply

avatar
200
  Subscribe  
Notify of