Mataram, (Bidikntb.com)-Dalam rangka memperkuat solidaritas Relawan Literasi (Relasi) di Nusa Tenggara Barat, Konsorsium NTB Membaca (KNTBM) bersama Forum Relawan Literasi akan mengadakan Literasi Camp, awal bulan Desember mendatang. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai rangkaian peringatan Hari Relawan Internasional Tahun 2022.

Ketua KNTBM, Lalu Sirajul Hadi menjelaskan bahwa sekitar 169 komunitas pegiat literasi dan unsur relawan Literasi dari seluruh NTB akan berkumpul berpartisipasi pada tanggal 3-4 Desember 2022, di Taman Garden Gunung Lombok Barat. Pada kegiatan tersebut juga İnsyaAllah akan dihadiri oleh Bunda Literasi dan stakeholder terkait yang diundang oleh panitia.

Membaca secara cermat raport pendidikan kita di NTB, dan masih rendahnya Indeks Literasi jika dibandingkan dengan daerah lain, maka tidak ada pilihan selain bergerak bergandengan tangan dalam mendukung dan mendorong gerakan literasi ini agar lebih massif. Kami para komunitas, akan terus mengambil bagian dalam hal ini, harapan kita pemerintah juga demikian, termasuk stake holder lainnya. Bagi kami, krisis literasi tidak boleh terjadi, bahaya bagi masa depan masyarakat kita di NTB, jika ini tidak serius kita selesaikan, terutama literasi dasar. Oleh sebab itu kita harus saling bergandeng tangan bergerak bersama, ungkapnya.

Sirajul menjelaskan, bahwa para komunitas yang ada selama ini sangat terbatas keberadaan dan kemampuannya secara materi, kawan-kawan hanya punya semangat untuk berbuat, mereka tau ini panggilan moral. Sirajul menambahkan bahwa pada kelompok masyarakat rentan, masih banyak kita temukan anak-anak yang masih mengalami masalah dalam kemampuan membaca dasar, demikian juga pada numerasi. Apalagi baru saja kita dihantam pandemi yang berdampak luar biasa, bagi potensi terjadinya learning lost.

Kegiatan Relasi Camp ini dihajatkan sebagai ajang relawan untuk saling menguatkan, saling memotivasi dan menginsfirasi dalam tugas kerelawanan dan lingkungan dan komunitas masing-masing. KNTBM sebagai wadah berhimpunnya komunitas dan pegiat Literasi di NTB, berkepentingan untuk terus mengajak semua pihak berkolaborasi dan bersinergi. Kami juga memberikan apresiasi yang luar biasa, terhadap kerja-kerja kerelawanan yang telah dilakukan oleh kawan kawan komunitas dan pegiat literasi di NTB, bagi kami mereka luar biasa ungkapnya. Harapan kami semoga kegiatan Relasi Camp ini, dapat menjadi tempat dan momentum yang baik, bagi para relawan untuk berbagi pengalaman dan praktik baik antar sesama, jelasnya.

Leave a Reply

avatar
200
  Subscribe  
Notify of